Perawatan Payudara Masa Menyusui

Payudara bagi seorang ibu menyusui sangat penting maknanya bagi proses menyusui yang lancar dan sehat . Hal ini akan sangat berguna bagi Ibu dan bayinya . Setelah melahirkan dan mulai menyusui ,  perawatan payudara masa menyusui sebaiknya dilakukan . Semua tindakan ini bertujuan untuk memelihara kebersihan payudara , melancarkan keluarnya ASI  dan mencegah bengkaknya payudara. Hal ini penting sekali dilakukan untuk kesehatan ibu dan bayi serta sirkulasi ASI yang lancar.
Hal-hal yang bisa dilakukan untuk perawatan payudara masa menyusui :

1. Pengompresan
Kompres kedua payudara dengan lap hangat selama 2 menit kemudian ganti dengan kompres dingin selama 1 menit . kompres bergantian 3 kali berturut-turut dan akhiri dengan kompres panas.
2. Pengurutan.
Sebelumnya cucilah tangan dengan bersih atau lakukan sesaat sebelum mandi atau menyusui. Tempatkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara . urutlah payudara dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan kedua payudara perlahan-lahan.Gantilah dengan gerakan yang lain yaitu sokong payudara sebelah kiri dengan tangan kiri dan payudara kanan dengan tangan kanan. Buatlah gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu. Lakukan 2 kali gerakan pada setiap payudara. 
3. Kebersihan Payudara
Selalu membersihkan payudara dengan lap basah yang bersih sebelum dan setelah menyusui lalu mengeringkannya. Ibu juga harus rajin mengganti BH dan pakaian yang basah akibat rembesan ASI. Gunakanlah breastpad untuk menjaga area payudara tetap kering dan bersih. Rajinlah mengganti breastpad yang sudah penuh.
4. Kenyamanan Payudara
Gunakanlah pakaian yang longgar dan berbahan kain yang sejuk . Agar sirkulasi udara tetap terjaga. Pilihlah Bra yang tepat dengan unsur kenyamanan yang tinggi. Saat menyusui payudara akan membesar , kencang , keras dan lebih sensitif . Saya lebih suka menggunakan BH khusus ibu menyusui yang longgar dan tidak berkawat. Pilihlah sesuai tingkat kenyamanan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar