Rambut Bayi

Rambut bayi adalah hal yang seringkali menjadi perhatian oleh ibu. Ada bayi yang lahir langsung dengan rambut yang lebat . Tapi ada juga bayi yang lahir dengan rambut yang tipis.  Tumbuhnya rambut menjadi lebat atau tidak tergantung dari dasar rambutnya , gizi dan perawatan rambutnya sendiri . Bayi yang mempunyai dasar rambut yang lebat walaupun tidak dicukur gundul tetap akan lebat rambutnya .Tidak ada keharusan pada bayi usia 1 bulan harus dicukur gundul. Memang ada kepercayaan dari masyarakat kalau bayi berumur 1 bulan atau 40 hari harus dicukur gundul , supaya rambutnya tumbuh lebat . Anggapan ini tentu saja tidak benar. Rambut bayi yang awal tanpa dicukur pun juga akan rontok sendiri dan berganti dengan rambut yang baru.

Rambut pada kepala bayi berfungsi sebagai pelindung seperti topi di samping untuk keindahan. Waktu udara panas mencegah kepanasan , waktu udara dingin mencegah kedinginan.Yang sering menjadi masalah adalah perawatan rambut yang tidak benar yaitu dengan memberikan krim atau lotion yang berlebihan dan membiarkan sepanjang hari sehingga timbul kerak atau ketombe yang pada akhirnya dapat menyebabkan rambut rontok . Kerak kepala adalah sejenis ruam yang berwarna kecoklatan berupa sisik-sisik kecil yang keras. Rambut rontok pada bayi adalah hal yang wajar. Artinya pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi rambutnya akan rontok sendiri pada umur 1 bulan kemudian berangsur2 tumbuh kembali lebat pada usia 4-5 bulan . Untuk penyubur alami ibu bisa menggunakan lidah buaya dan minyak kemiri . Usapkan perlahan dan biarkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Selain itu ada juga lotion penyubur buatan pabrik merk-merk bayi yang sudah ada di supermarket.

Untuk merawat rambut bayi sebaiknya :
  • Cucilah rambut bayi minimal 2 hari sekali , hingga kulit kepala menjadi bersih.
  • Gunakan sampo bayi yang lembut dan tidak membuat mata pedih
  • Setelah rambut dibasahi dengan air , tuangkan sampo di telapak tangan ibu kemudian usaplah perlahan dirambut kepala bayi sampai sampo berbusa .biarkan 15 detik , kemudian bilas sampo dengan air atau waslap dari arah depan ke belakang.
  • Keringkan rambut perlahan-lahan dengan handuk yang lembut
  • Sisirlah rambut bayi dengan menggunakan sisir rambut yang lembut atau sikat gigi sehingga rambutnya tampak rapi.

2 komentar: